Budaya & Makanan Jepang Jauh Lebih banyak dan Bukan Hanya Sekedar Sushi

Budaya & Makanan Jepang Jauh Lebih banyak dan Bukan Hanya Sekedar Sushi – Dalam hal makanan, orang Jepang termasuk yang paling antusias dan bersemangat dari semua ras. Tanyakan pada setiap orang Jepang tentang perjalanan baru-baru ini di Jepang dan percakapan itu hampir selalu mencakup pembicaraan tentang makanan lokal. Faktanya, bagi banyak orang Jepang yang bepergian ke luar kota asal mereka, makanan seringkali menjadi salah satu motivator utama untuk bepergian.

Karena alasan ini, banyak kota di Jepang yang dikenal pertama dan terutama untuk spesialisasi lokal mereka, apakah itu jenis manis, ikan, mie, rumput laut atau tahu, dll. Semangat Jepang untuk makanan yang bisa Anda nyalakan TV Anda di hampir setiap saat, siang atau malam dan hampir pasti menonton acara tentang makanan.

Persiapan yang cermat dan presentasi yang cermat adalah elemen penting dari masakan Jepang. Makanan adalah bentuk seni dan bahkan hidangan paling sederhana sering disiapkan oleh koki yang telah dilatih selama bertahun-tahun.

Nasi

Setelah diperdagangkan sebagai mata uang, beras telah menjadi makanan pokok bagi orang Jepang selama lebih dari 2.000 tahun dan masih menyertai atau membentuk basis banyak makanan.

Panen padi sangat padat karya dan orang Jepang diingatkan akan hal ini sejak usia sangat muda, itulah sebabnya beras jarang disia-siakan dan sisa beras dimanfaatkan dengan baik.

Selain sushi, hidangan populer termasuk donburi (ikan yang direbus, daging atau sayuran yang disajikan di atas nasi), onigiri (bungkusan kecil beras yang dibungkus dengan rumput laut kering), kayu (bubur beras), mochi (kue beras ditumbuk) dan chazuke (nasi) dengan teh hijau sering disajikan dengan salmon atau cod roe), untuk beberapa nama.

Makanan musiman & lokal

Jepang sangat bangga dengan empat musimnya yang sangat khas dan setiap musim menandai awal dari penawaran yang lebih lezat. Ini sangat jelas di supermarket, hotel dan losmen dan restoran di mana menu sering diubah untuk mencerminkan apa yang tersedia dan apa yang sedang musim.

Kenyataannya, ada begitu banyak jenis makanan yang ditawarkan sehingga tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa banyak orang Jepang akan kesulitan untuk menyebutkan (misalnya) semua varietas rumput laut, jamur, dan ikan yang tak terhitung jumlahnya di rak-rak toko lokal mereka.

Masakan Kaiseki (kaiseki ryori) adalah hidangan kecil yang berisi hingga 12 program hidangan yang dikukus, direbus atau dibakar, sashimi ikan mentah iris, tempura, sup, nasi, acar dan makanan penutup kecil. Hidangan biasanya mencerminkan apa yang tersedia dan sesuai musim. Kyoto adalah tempat yang tepat untuk menikmati suguhan yang luar biasa ini untuk semua indera.
      
Berkat berbagai macam spesialisasi daerah (dikenal sebagai meibutsu dalam bahasa Jepang), tidak ada kekurangan restoran yang didedikasikan untuk menyajikan hidangan lokal dengan bangga.

Salah satu hidangan daerah yang paling terkenal adalah okonomiyaki (sejenis pancake gurih) yang terkenal di Hiroshima dan Osaka. Perjalanan ke Hiroshima tidak lengkap tanpa mengunjungi Okonomimura (desa okonomiyaki) di mana menyaksikan koki menyiapkan makanan sama menyenangkannya dengan mencicipi kelezatan regional yang unik ini.

Ikan

Adalah adil untuk mengatakan bahwa ikan adalah bagian integral dari makanan Jepang. Baik dimakan hampir hidup (odorigui – masih menari!) Mentah (nama atau sashimi), panggang (yaki) atau digoreng (tempura), tampaknya orang Jepang telah mencoba dan menguji setiap metode persiapan yang mungkin.

Sejumlah besar ikan yang ditawarkan sangat membingungkan. Jika Anda seorang pecinta ikan maka perjalanan ke Pasar Ikan Tsukiji (pasar grosir ikan dan makanan laut terbesar di dunia) adalah suatu keharusan untuk sarapan pagi di pagi hari dari beberapa sushi tersegar di dunia. Bagi mereka yang tidak suka sarapan ikan di dini hari, ada banyak restoran sushi conveyor-belt (kaiten zushi) di seluruh Jepang.

Daging & bahan makanan lainnya

Tentu saja persembahan makanan di Jepang lebih dari sekadar ikan. Jepang memiliki berbagai macam buah dan sayuran, sejumlah hidangan mie (termasuk satu hidangan yang disajikan dengan es!) Dan beberapa toko kue terbaik di luar Perancis (ada yang mengatakan yang terbaik di dunia, meskipun orang Prancis mungkin membantah ini! ).

Kobe dengan sederetan kafenya yang indah adalah tempat yang tepat bagi mereka yang memiliki gigi manis. Daging sapi Kobe, kelezatan terkenal di seluruh dunia diproduksi dari sapi yang dipelihara sesuai tradisi yang ketat dan memberikan rasa indah yang meleleh di mulut Anda. Namun, bersiaplah untuk membayar lengan dan kaki untuk steak daging sapi Kobe asli di restoran yang bagus!

Vegetarian

Jika semuanya sejauh ini kedengarannya sedikit berorientasi pada daging dan ikan, jangan khawatir – ada banyak pilihan vegetarian di Jepang. Faktanya, makan daging dilarang di Jepang selama lebih dari seribu tahun sebelum tahun 1868!

Cobalah zaru soba yang luar biasa (mie gandum gandum yang disajikan dingin dengan saus celup), semangkuk udon (mie kental) dalam sup sayur gunung, steak tahu atau okonomiyaki. Jika Anda ingin berpetualang, Anda bisa mencoba natto – ramuan lengket dan sedikit bau yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Orang Jepang menyamakannya dengan marmite – Anda akan menyukainya atau membencinya.

Makan di luar

Makan di Jepang sama banyaknya dengan pengalamannya dengan makanannya. Banyak restoran Jepang berspesialisasi dalam satu jenis makanan tertentu dan ada banyak gaya berbeda termasuk restoran kaiten-zushi yang terkenal sekarang mendapatkan popularitas lebih di barat.

Lainnya termasuk restoran yang berspesialisasi dalam tusuk sate (kushiyaki), ramen (mie dalam kaldu), tempura (ikan goreng atau sayuran), memasak BBQ ala Korea Anda sendiri (biasanya dengan kompor listrik di meja), teriyaki ( daging sapi / ayam / ikan yang dibumbui yang dibakar di atas piring panas), sukiyaki (irisan tipis daging sapi, dadih kacang dan sayuran yang dimasak dengan saus kedelai dan kemudian dicelupkan ke dalam telur) dll. Daftarnya berlanjut.

Jangan mengesampingkan makanan festival, yang menawarkan berbagai makanan menarik termasuk takoyaki (potongan kecil gurita yang dimasak dalam pangsit seperti adonan roti), kakigori (es serut), dan okonomiyaki.

Jika Anda ingin pilihan yang lebih umum, maka tempat terbaik untuk pergi adalah izakaya (pub Jepang) di mana Anda akan menemukan pilihan makanan dan minuman yang luas dan cukup murah. Izakaya sering menawarkan transaksi tabehodai atau nomihodai – untuk harga yang ditetapkan Anda mendapatkan satu atau dua jam untuk makan atau minum sebanyak yang Anda suka. Memilih apa yang akan dimakan dibuat lebih mudah dengan menu bergambar atau pajangan makanan plastik di ambang pintu yang akan dibanggakan Madame Tussaud – tunjukkan saja dan lihat apa yang Anda dapatkan.

Dari negara yang bertahan hidup dengan diet terutama ikan dan sayuran lebih dari seabad yang lalu, Jepang telah mencapai tahap di mana sekarang ada sejumlah rantai restoran cepat saji terkenal yang tersedia untuk dipilih. Restoran keluarga bergaya Jepang (famiresu) yang sering didasarkan pada konsep rantai barat juga patut dilihat.

Tidak seperti rekan-rekan mereka di barat, restoran keluarga di Jepang menawarkan nilai yang sangat baik, makanan lezat dan layanan luar biasa. Beberapa restoran yang lebih terkenal adalah Gusto, Coco-ichi (mengkhususkan diri dalam kari gaya Jepang) dan Joyfull (terutama ditemukan di barat Jepang). Tentu saja menjadi Jepang restoran juga selalu bersih. Bagi mereka yang menyukai makanan Korea dan Cina, ada juga banyak pilihan yang ditawarkan.